5 Faktor yang Dapat Mempengaruhi Premi Asuransi

  • Whatsapp

Kini, masyarakat mulai menyadari betapa pentingnya asuransi bagi masa depan. Menanggapi hal tersebut, perusahaan asuransi selalu berupaya untuk meningkatkan pelayanannya bagi para nasabahnya. Bagi Anda yang baru ingin memulai menggunakan asuransi, tak perlu mengkhawatirkan mengenai premi atau jenis asuransi apa yang diambil. Pasalnya, banyak macam asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, salah satunya adalah asuransi paket keluarga premi murah.

Berbicara mengenai premi asuransi, ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi besaran premi asuransi, mulai dari riwayat kesehatan hingga usia peserta. Di bawah ini adalah ulasan singkat mengenai  faktor-faktor yang mempengaruhi premi asuransi.

1. Pekerjaan

Premi asuransi dipengaruhi oleh tinggi rendahnya tingkat risiko pekerjaan Anda. Pekerjaan dengan tingkat risiko tinggi akan membutuhkan premi asuransi yang tinggi pula. Begitu juga sebaliknya untuk tingkat risiko pekerjaan yang rendah. Bagi Anda yang bekerja di proyek pembangunan, pertambangan, dan sejenisnya jangan kaget jika nilai premi asuransi Anda cukup tinggi.

2. Riwayat Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, premi asuransi yang Anda dapatkan nanti akan jauh lebih mahal daripada orang dengan riwayat kesehatan yang baik. Premi asuransi yang mahal ini untuk mengantisipasi jika terdapat beberapa penyakit Anda yang memiliki kemungkinan untuk kambuh mendadak.

3. Pola Hidup

Orang yang memiliki kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol cenderung akan mendapatkan premi asuransi yang jauh lebih mahal daripada orang yang tidak memiliki kebiasaan tersebut. Pola hidup yang kurang sehat inilah yang menjadi pertimbangan perusahaan asuransi dalam menambah atau mengurangi premi asuransi Anda.

4. Jangka Waktu Pertanggungan

Lama tidaknya polis asuransi Anda akan mempengaruhi premi asuransi yang perlu dibayarkan. Semakin lama jangka waktu dari asuransi Anda, maka semakin murah premi bulanan yang harus dibayarkan.

5. Usia Tertanggung

Pada umumnya, semakin muda usia Anda maka akan semakin murah premi asuransi yang akan didapatkan. Sedangkan jika usia Anda sudah di atas dari 30 tahun, Anda akan memperoleh premi asuransi yang lebih mahal. Tak jarang, perusahaan asuransi menyarankan tes kesehatan kembali bagi Anda yang sudah memiliki usia lanjut. Tes kesehatan ini bertujuan untuk meninjau kembali kondisi Anda.

Bagi Anda yang memiliki usia yang masih muda, Anda boleh mencoba untuk proteksi diri dengan asuransi. Tak ada salahnya untuk memulai menyiapkannya dari sekarang sebab tak akan tahu apa yang terjadi esok Jadi, akan lebih baik jika Anda menyiapkannya dari awal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *