5 Tips Kirim Paket yang Tepat Waktu

  • Whatsapp
5-Tips-Kirim-Paket-yang-Tepat-Waktu
Foto dari Canva Pro

Bisnis online merupakan salah satu tren dikalangan masyarakat milenial seiring gaya hidup yang semakin modern. Kemudahan belanja lewat aplikasi di ponsel saja, Anda bisa memanfaatkan  peluang mendapatkan penghasilan berlipat ganda. Pastikan Anda update perkembangan teknologi agar bisa menjadi pebisnis online yang sukses. Gunakan aplikasi cek resi online yang praktis, mudah dan cepat untuk mendukung proses pengiriman ke pelanggan Anda di berbagai wilayah Indonesia hingga luar negeri.

Agar bisa mengirim paket ke pelanggan lebih cepat

Setiap paket yang Anda kirim memiliki durasi pengiriman yang bervariasi tergantung pilihan pengiriman dan domisili pelanggan. Ada beberapa kendala paket datang tidak tepat waktu, misalnya bencana alam, kecelakaan atau situasi tertentu di perjalanan. Supaya paket yang Anda kirim ke pelanggan bisa diterima tepat waktu, maka simak 5 tips mengirim paket yang aman dan cepat berikut :

1. Lokasi tujuan sudah tertulis di situs belanja

Dewasa ini, orang-orang menggunakan marketplace sebagai situs belanja yang menarik. Anda harus memastikan pelanggan telah menuliskan alamat pada situs tersebut untuk memberikan kemudahan pengantaran ke lokasi yang tertera.

2. Alamat ditulis secara lengkap

Selain itu, Anda wajib mengingatkan pelanggan untuk menuliskan alamat secara lengkap dan benar agar kurir bisa lebih mudah menemukan alamat yang tertera. Terkadang ada beberapa kasus paket gagal terkirim sebab alamat penerima tidak jelas.

3. Berikan peraturan ketat terkait pembatalan sepihak

Sebagai pebisnis online, Anda memang harus siap dengan segala kendala terkait pelayanan konsumen. Meskipun demikian, Anda harus memberikan peraturan ketat bahwa pembatalan sepihak tidak bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerugian yang disebabkan pembatalan secara mendadak.

4. Memahami sistem COD

Selain sistem jual beli online dengan proses pembayaran lebih dahulu, Anda juga pasti tahu mengenai sistem COD. COD atau Cash On Delivery merupakan model pengiriman paket kepada pelanggan yang menggunakan sistem transaksi paket dikirim lebih dahulu, baru pelanggan Anda membayar biaya sesuai nominal transaksi, termasuk biaya kirim.

Sebagai pebisnis online, Anda wajib lacak paket menggunakan aplikasi yang mudah diakses lewat mobile atau PC untuk mengetahui proses pengiriman paket. Pasalnya, sistem COD membuat dana Anda tertahan sejenak sebelum pelanggan menerima dan membayar biaya paket sesuai nilai transaksi.

5. Selalu cek proses pengiriman paket secara berkala

Seorang pebisnis online shop yang bertanggungjawab, Anda harus tetap membalas klaim pelanggan yang mungkin belum menerima paket tersebut. Anda harus menyarankan pelanggan untuk menghubungi pihak kurir setelah memberikan nomor resi yang ada.

Adanya beberapa kendala pengiriman seperti akses menuju lokasi pelanggan yang melewati medan sulit, ketidakberadaan pelanggan di rumah atau paket masih tertahan di gudang. Anda bisa pula mengecek paket tersebut melalui aplikasi cek resi untuk mengetahui lokasi paket pada saat tersebut. Untuk pengiriman paket reguler bisa lebih lama dibandingkan paket kilat sehingga Anda harus memberikan edukasi yang baik pada konsumen pemula yang belanja di online shop pertama kali, ya!

Dari berbagai tips mengirim paket agar tiba ke lokasi tujuan lebih tepat waktu di atas, pastikan Anda melakukan packing yang aman. Hal ini untuk meminimalisir risiko paket yang Anda kirim mengalami kerusakan selama proses pengiriman. Jika paket tidak kunjung datang sehingga testimoni pelanggan kurang baik di online shop Anda, sebaiknya selalu cek resi segala ekspedisi di aplikasi Shipper yang terpercaya. Anda juga harus bekerja sama dengan pihak ekspedisi kredibel yang siap mengantar paket ke rumah pelanggan lebih cepat dan aman, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *