PCOS Adalah Sebuah Gangguan Hormon pada Wanita, Simak Penjelasannya di Sini!

PCOS-Adalah-Sebuah-Gangguan-Hormon-pada-Wanita-Simak-Penjelasannya-di-Sini
Foto dari Canva

PCOS adalah sindrom polikistik ovarium. Ini adalah jenis penyakit yang terjadi saat ovum atau sel telur milik perempuan tidak bisa berkembang secara optimal dan normal. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Dalam situasi seperti ini biasanya perempuan akan mengalami kesulitan untuk bisa hamil karena proses pembuahan sulit terjadi.

Gejala yang Muncul

Ada beberapa gejala yang bisa dikenali dari kondisi PCOS. Tentunya dengan memahami semua gejala ini maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami penyakit tersebut dan melakukan tindakan pengobatan yang sesuai. Berikut adalah beberapa jenis gejala yang bisa muncul pada penderita PCOS:

1. Siklus Menstruasi Berantakan

Gejala pertama yang paling umum ditemui pada penderita PCOS adalah siklus menstruasinya jadi berantakan. Siklus menstruasi biasanya terjadi dalam kurun waktu 1 bulan. Jika menstruasi lancar maka perempuan akan mengeluarkan darah dari vagina setiap 1 bulan sekali. Namun pada perempuan yang menderita PCOS, siklus menstruasi ini tidak akan berjalan dengan lancar.

Siklus menstruasi perempuan penderita PCOS sangat bervariasi. Bisa berjalan setiap 2 bulan sekali, 3 bulan sekali, atau bahkan lebih. Itulah mengapa saat siklus menstruasi berjalan tidak lancar, Anda harus segera berkonsultasi. Lakukan pemeriksaan sedini mungkin untuk mengetahui apa penyebab masalah tersebut.

2. Muncul Jerawat di Dada dan Punggung

Gejala berikutnya yang muncul adalah muncul jerawat di bagian dada dan punggung. Jika biasanya jerawat hanya muncul di daerah wajah, maka pada penderita PCOS jerawat bisa muncul di bagian tubuh yang lain. Tentu kondisi ini memang tidak pasti menunjukkan bahwa seseorang menderita PCOS. Hanya saja ini bisa menjadi gejala pendukung yang memperkuat dugaan tersebut.

3. Sulit Naik atau Turun Berat Badan

Perempuan yang memiliki kondisi PCOS juga biasanya akan mengalami kesulitan untuk menaikkan atau menurunkan berat badan. Metabolisme tubuh berjalan tanpa kecepatan yang bisa diprediksi. Ada yang terlalu cepat dan ada pula yang terlalu lambat. Jadi ada sebagian penderita PCOS yang tubuhnya sangat gendut namun ada juga yang tubuhnya sangat kurus.

4. Kerontokan Rambut

Gejala lain dari PCOS adalah kerontokan rambut. Hal ini terjadi sebagai salah satu akibat dari gejolak hormon yang dialami oleh penderita PCOS. Masalah kerontokan rambut ini bisa terasa begitu menyiksa karena intensitasnya cukup tinggi. Jika tidak diatasi dengan cara yang benar, maka masalah kerontokan ini bisa berkembang menjadi kebotakan yang cukup mengganggu.

5. Tonjolan Daging di Area Ketiak dan Leher

PCOS juga bisa menimbulkan gejala berupa tonjolan daging di area ketiak dan leher. Tonjolan daging ini tidak menimbulkan nyeri dan biasanya terjadi karena gejolak hormon yang tidak menentu di dalam tubuh. Apabila tonjolan daging ini menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas, segera konsultasikan kepada dokter profesional.

Selain muncul tonjolan daging, biasanya area ketiak dan leher juga akan menghitam. Pengaruh hormon pada penderita PCOS akan memicu perubahan warna di area ketiak dan leher jadi lebih gelap. Ini biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit apapun. Hanya saja bisa membuat Anda merasa tidak percaya diri.

PCOS adalah sebuah kondisi yang memang bisa memberikan tekanan bagi kondisi mental seorang perempuan. Namun perlu diketahui bahwa kondisi ini sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Meskipun sulit hamil, namun bukan berarti penderita PCOS tidak bisa hamil. Konsultasikan segala jenis keluhan kepada dokter dan lakukan pemeriksaan untuk membantu mengontrol kondisi tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.